Human Immunodeficiency Virus (HIV)


Penyakit AIDS (acquired Immunodefeciency Syndrome) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini  adalah virus yang mempunyai strategi menghancurkan sistem kekebalan tubuh manusia dan menjadikan sel T dari sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang utama sebagai tempat hidupnya. Tahun 1983 virus ini berhasil ditemukan sebagai penyebab penyakit AIDS. Hasil estimasi WHO menyatakan kalau 25 juta orang meninggal sejak ditemukannya penyakit ini sehingga menjadikan penyakit ini pandemi yang paling buruk sepanjang sejarah. Tahun 2007 diperkirakan 36 juta orang hidup dengan HIV atau dikenal dengan ODHA ( Orang Dengan HIV AIDS). Di Indonesia, meningkatnya penasun (pengguna narkoba suntikan ) menyebabkan kasus HIV  meningkat sangat cepat sehingga Indonesia dimasukkan dalam kelompok negara epidemi terkonsentrasi.

Virus HIV menular melalui hubungan sex, transfusi darah, tatto, tindik, pisau cukur, ibu ke anak dan lain-lain. Penularan lewat sperma, air ludah, airmata, air seni tidak pernah terjadi. Penularan lewat nyamuk tidak mungkin bisa terjadi karena nyamuk memproses virus ini sebagai makanan dan virus tidak ada yang tertinggal setelah proses pencernaan ini. Sedangkan penularan lewat mulut nyamuk tidak memungkinkan karena konsentrasi virus yang ada di mulut nyamuk sangat sedikit. Gigitan 10 juta nyamuk yang baru saja menggigit penderita HIV , menurut kalkulasi baru bisa menyebabkan infeksi.

Virus HIV dapat dimusnahkan dengan menggunakan 1% sodium hipoklorit (pemutih baju) , 2% glutaraldehyde, formaldehyde dan ethanol. Jadi, apabila membersihkan darah dari penderita HIV sebaiknya orang yang membersihkannya menggunakan sarung tangan dan darah sebaiknya diberi dengan cairan pemutih sebelum dibersihkan. Virus ini di udara terbuka juga akan mati dalam beberapa jam.
Pencegahan infeksi virus ini yang berupa vaksin belum ada. Untuk orang-orang yang beresiko dianjurkan untuk menggunakan kondom dalam berhubungan sex untuk mencegah tertular HIV.

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Non- Fiction. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s