Ebola Mengintai


Ebola Mengintai

ebola virus

Outbreak atau kejadian luar biasa atau wabah* Ebola muncul kembali di daerah negara Sierra Leone, Liberia, Guinea and Nigeria. Total kasus per 4 Agustus 2014 adalah 1711 kasus dengan angka kematian 932 orang.

*Didefinisikan sebagai peningkatan insiden kasus yang melebihi ekspektasi dan meluas secara cepat baik jumlah kasus maupun daerah yang terjangkit.

EVD-outbreak

Apakah Ebola?

Ebola Virus Disease (EVD) disebabkan oleh 3-5 spesies dari genus Ebola virus. Dua diantaranya dapat menginfeksi manusia. Virus ini belum diketahui dengan pasti asalnya tetapi diduga usus kelelawar adalah tempat hidupnya dan tertular ke primate termasuk manusia melalui saluran pencernaan (akibat memakannya). Kasus pertama yang ditemukan adalah pada manusia yang berburu binatang di hutan lalu memasak dan memakan binatang yang terinfeksi ebola tersebut. Kelelawar, babi dan anjing saat ini dipercaya sebagai reservoir atau tempat hidup virus. Kejadian pertama terjadi di Sudan, 248 orang terinfeksi dan 151 orang meninggal

Kenapa Ebola berbahaya dan menakutkan?

Saat orang terinfeksi Ebola, tidak ada tanda-tanda yang jelas pada awalnya hanya ada tanda-tanda infeksi biasa seperti sakit kepala, kelelahan, demam dan sakit otot yang dikenal dengan Flu-like symptom kemudian disusul dengan dehidrasi, kerusakan hati dan ginjal. Pada keadaan lebih gawat terdapat pendarahan pada mata, hidung, mulut dan anus. Di beberapa pasien, Ebola memunculkan respon immun (kekebalan tubuh) yang berlebih yang disebut badai sitokin (Cytokine storm) sehingga menyerang sel, jaringan dan organ secara brutal yang menyebabkan pasien akan menyerupai alien karena badan meleleh seperti bubur. Sungguh kondisi yang sangat mengerikan.
Sampai saat ini belum ada obat atau pencegahan untuk penyakit ini yang bisa dilakukan hanya pemberian cairan infus untuk mencegah dehidrasi, pemberian penahan sakit dan anti demam untuk membuat pasien lebih nyaman. Berhubung gejala awal mirip dengan penyakit penyakit lain seperti kolera, meningitis, malaria dan lain lain maka tes darah diperlukan untuk memastikannya.

NEBULA-KILLS

Penularan penyakit ini melalui kontak langsung dengan cairan tubuh seperti keringat, darah, muntahan, feses sperma/semen dll. Virus akan masih bisa bertahan hidup dalam jenasah dari pasien yang sudah meninggal yang berarti prosedur dan orang orang yang terlibat dalam pemakaman harus ekstra hati-hati.

Bagaimana Mencegah ?

Cara mencegah tertular adalah dengan tidak mengunjungi Negara atau daerah dimana terjadi outbreaks. Apabila ada kemungkinan berpapasan atau kontak dengan orang-orang yang terinfeksi Ebola maka cepat cepat cuci bersih bersih dengan sabun dan air. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dan hindari kontak dengan cairan tubuh. Apabila ada gejala-gejala yang muncul seperti dideskripsikan diatas isolasi diri anda dan panggil petugas medik. Untuk orang yang merawat gunakan Personal Protection equipment (baju khusus, sarung tangan dan masker)

WHO-chart
Facts about Ebola.

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s