14 La Grand Motte


image

Memasuki penelitian S2 aku mendapat beberapa teman. Salah satunya yang dekat adalah Ramzy, seorang dokter hewan dari Tunisia yang mengambil bidang yang sama denganku ” Maladies Transmissibles et Pathologies Tropicals” atau penyakit menular dan pathologi tropik. Dia seorang Tunisia seperti orang maghreb lain sangat mencintai pantai. Karena itu memilih tinggal di tepi laut Mediterania, di La Grande Motte. Ada 3 pantai utama dekat kota Montpellier La Grande Motte, Palavas les flots dan La Maguelone. La Grand Motte adalah pantai untuk orang kaya, begitulah mereka menyebutnya : pour les riches. Disitu banyak appartemen mewah dan parkiran yacht. Kabarnya keluarga mantan presiden Indonesia juga punya kapal pesiar disitu. Palavas les flots adalah pantai untuk orang kebanyakan. Tempat piknik keluarga, permainan-permainan, reastaurant-restaurant dan toko-toko kecil serta tentu saja

image

La Maguelone adalah pantai tertutup untuk kaum nudiste atau naturaliste, suatu kelompok yang mengambil paham “back to the nature” dengan ekstremnya. Yaitu dengan menjalani kehidupan sehari-hari dengan menanggalkan semua pakaian yang ada di badan alias telanjang bulat bulat ! 🙂 Pantai ini tertutup, setiap orang yang masuk harus melewati pos penjagaan yang ketat dan harus telanjang.
Hmmm kehidupan yang sulit dimengerti. Tapi sepertinya komunitas ini sangat menikmatinya. Pernah ada reportasenya di tivi. Main bola pantai, piknik, makan di restaurant, belanja di toko semua dilakukan dengan telanjang. Dan tentu saja hanya dilakukan saat musim panas.

Kadang aku main di La Grand Motte, ,menikmati barbecue atau couscous makanan khas mahgreb. Suatu saat tanpa diduga menemukan toko yang menjual kerajinan Indonesia disitu. Ternyata mereka menjual barang-barang dari Bali . Ah senangnyaa!!! Serasa dekat dengan Indonesia :).

Begitulah hari-hariku selama S2, main ke Grande Motte saat week end yang tertempuh 1 jam dari Montpellier. Saat musim panas mau tidak mau ikut berjemur dengan teman-teman di pantai. Ahh itu tidak masalah karena teman teman banyak yang mengagumi warna kulitku 🙂

Posted from WordPress for Android

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Le depart ..... keberangkatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s