Sanggupkah kita ?


Mungkin masih ada yang ingat ontran-ontran kasus flu burung yang diangkat oleh Ibu Menkes saat itu Ibu Siti Fadila Supari?
Yang perlu saya garis bawahi adalah pernyataan bahwa “Indonesia mempunyai banyak mikroorganisme penyebab penyakit dan kita tidak menyadari bahwa itu juga salah satu blessing in disguise bahwa mikroorganisme itu adalah suatu potensi dan barang berharga untuk dikembangkan sebagai vaksin”. Bahasa kerennya “Valuable Biological Material” (VBM)

Dalam pertemuan Forum Riset Vaksin Nasional tahun ini terbentuk kurang lebih 10 working group Nasional yang bekerja untuk mengembangkan vaksin dari mikroorganisme di Indonesia. Diantaranya mengembangkan vaksin HPV, HepB, Influenza, Mycobacterium tuberculosis, Dengue, Rotavirus dll. Forum ini terbentuk sejak tiga  tahun yang lalu, dipelopori oleh BUMN vaksin (Biofarma), Kementrian Riset dan Tekhnologi, Kementrian Kesehatan dan Perguruan Tinggi serta Lembaga Penelitian di Indonesia.

Suatu terobosan untuk membentuk konsep kerjasama ABG  (Akademisi, Bisnis, Government) untuk menghasilkan dan memproduksi hasil penelitian menjadi bentuk jadi dan dipasarkan sehingga kita tidak hanya menjadi pasar produk asing tapi juga menguasai pasar dunia.
Apakah kami bermimpi ? Semoga tidak!!
Karena kita punya potensi dan saat ini kita juga mengekspor vaksin  ke negara-negara lain.

Saatnya Valuable Biological Material Indonesia diselamatkan dan menyebarkan kesadaran untuk tidak memberikannya kepada asing dengan mudahnya tetapi dengan Material Transfer Agreement (MTA) yang jelas. Karena bakteri, virus, parasit adalah barang berharga!!

Banyak potensi alam Indonesia lainnya yang bisa dikembangkan, keanekaragaman plasma nuftah adalah harta kita yang lain cuma kita tidak menyadari atau tidak percaya diri atau tidak sanggup mengembangkannya sendiri? Entahlah…..Masalah yang ada sangat-sangat komplek.

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Non- Fiction. Bookmark the permalink.

2 Responses to Sanggupkah kita ?

  1. Terimakasih mbak buat tulisan ini. Bagaimana sikap bu Menkes sekarang terhadap berbagai pokja Vaksin ini? Mudah2an sangat mendukung. Usul buat para pokja, supaya punya website yang akan memberikan update sudah sejauh apa perkembangan kegiatan/ kerja pokjanya masing2. Saya selama ini bekerja di isyu AIDS. Banyak dibentuk pokja. Tapi sangat kecil kerja2 nyata. Mudah2an dengan kepempimpinan bu Naf di Kemkes akan ada perubahan. Mudah-mudahan… Salam, -very kamil

    • anaroeni says:

      terima kasih masukannya akan saya sampaikan.
      Kemenkes dalam hal ini balitbangkes adalah salah satu pencetus kegiatan ini dan banyak memfasilitasi agar kebijakan-kebijakan pemerintah di bidang riset dapat diubah atau diusahakan diubah agar mendukung lingkungan riset yang diperlukan.
      saya salah satu anggota di working group HIV pada saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s