Yang selalu ditunggu-tunggu


Jakarta 18 February 2012


Bagi wanita, masalah menstruasi adalah masalah yang selalu menjadi perhatian dan kekuatiran setiap bulan. Betapa tidak : siklus normal menstruasi adalah 25-35 hari dan setiap bulan selalu datang tepat “On Time”!! Alangkah bagusnya sistem pengatur waktu tubuh manusia. Apabila tidak datang pada saatnya maka kita jadi kuatir setengah mati dan bertanya-tanya , “Apa yang salah ?” 🙂 . Kalau kita menanti-nanti kehamilan, kedatangannya membuat sedih. Belum lagi kalau datang disertai PMS(Premenstrual Syndrome).

Pernahkah anda para pria melihat istri, pacar atau teman wanita marah-marah, jutek tanpa sebab yang jelas ?. Kita berbuat begini salah begitu salah. Kita jadi jungkir-balik kalau itu terjadi pada bos kita tentu saja :P. Atau tiba-tiba mereka menjadi melankolis abis… kita cuma bisa bengong :D. Pastinya sering !! Kalau anda melihat hal seperti ini cek kalender :D. Tentu saja tingkat keparahannya berbeda-beda pada tiap wanita. Selain masalah “mood” juga ada masalah fisik seperti nyeri, sakit kepala, mual-mual, diare dan lain-lain. Penyebab PMS belum diketahui dengan pasti tapi yang jelas perubahan tingkat hormon pada otak sangat berperan. Konon PMS juga sangat dipengaruhi social, kultur, biologi dan psikologi. PMS terjadi 5-11 hari sebelum menstruasi dan berhenti saat menstruasi mulai. Sangatlah penting untuk mempunyai buku catatan harian tentang symptoms/tanda-tanda PMS kita.

Beberapa hal yang dapat mengurangi PMS adalah : minum banyak cairan, makan makanan kecil setiap interval 3 jam, minum suplemen (Vit B6, Calsium, Magnesium, Tryptophan), Hindari gula, kafein dan alcohol dan olahraga yang teratur. Pill kontrasepsi kadang bisa menurunkan/menaikkan PMS.
Selain hal diatas juga ada masalah yang lain lagi yang disebut Mernorrhagia /Hypermenorrhea/heavy menstrual bleeding. Menstruasi normal mempunyai siklus 25-35 hari dan masa pendarahan 5 hari dengan total pendarahan 25-80ml/ hari. Pendarahan yang melebihi 80 ml dan seringkali disertai dengan gumpalan darah atau berganti pembalut tiap 1 jam dan melebihi 7 hari disebut menorrhagia atau heavy menstrual bleeding. Menorrhagia adalah suatu tanda ada yang tidak beres dalam tubuh kita. Penyebabnya bisa bermacam-macam :
– Keseimbangan hormone yang terganggu mungkin karena stress atau hal yang lain. Dalam hal ini pengobatan dengan hormone banyak dilakukan.
– Masalah pada ovarium/progesterone tidak diproduksi.
– Tumor jinak pada saluran uterus (uterine fibroids).
– Polyps : tumor jinak pada dinding uterus.
– Adenomyosis : saluran dari endometrium terjebak dalam otot
saluran uterus
– Efek samping IUD
– Komplikasi kehamilan
– Kanker : uterus, ovariumatau serviks.
– Gangguan penggumpalan darah
– Efek samping obat
– Dll
Yang kita lakukan pertama kali dalam hal ini sebelum periksa ke dokter adalah mengontrol kehilangan darah yang terlalu banyak dari tubuh dengan minum supplement seperti zat besi untuk mencegah anemia.

Free from bleeding

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Non- Fiction. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s