Kartolo mbalelo : suara kelugasan dari Jawa Timur


Jakarta, Juli, 2011
Malam itu.. …..sepulang kerja semua sudah diatur….. mau nonton rangkaian ketiga Indonesia Kita : Kartolo Mbalelo ! Tiket sudah dipesan sebulan sebelumnya… takut kehabisan lagi 🙂 . Itu saja hampir tidak dapat karena konon kabarnya sudah banyak yang di booking perusahaan-perusahaan. Walapun tidak dapat tempat terbaik, tapi akhirnya dapat juga. Taman Ismail Marzuki sangat ramai malam itu, selain ada pentas Laskar pelangi di Teater Jakarta, juga ada wisata kuliner daerah seperti biasanya dalam rangkaian acara Indonesia kita. Dan……………….. makanan Jawa Timur ueeeenak.. uenakk tenan rek… : rujak cingur, tahu campur, kikil wonokromo, sate kelapa, pecel madiun, tahu petis, bakwan Malang dan muassih banyak lagiiiiiiiiiiiiiiii!!!
Acara dimulai dengan pembukaannya Butet Kertaradjasa yang berpakain Madura dan langsung bahasa pisuhan yang melambangkan kelugasan orang Jawa Timur keluar : uaxx … duxxxxx !!! (maaf disensor disini… makanya nonton langsung) :D.
Tirai dibuka dengan permainan saxophone dengan latar belakang bulan purnama. Baru tahu ternyata yang main Sujiwo Tejo. Kemudia hingar bingar tarian menyerupai tari cancan di Perancis muncul. Setelah diperhatikan ternyata penarinya adalah para waria. Layaknya ludruk selalu dimulai dengan tembang pembukaan. Dialog antara Kartolo dan Sudjiwo Tedjo menerangkan asal muasal ludruk yang dulu dimainkan di pesantren sehingga semua pemainnya laki-laki semua karena wanita tidak diperbolehkan ikut. Dalam pentas ini maka ludruk menggandeng para waria untuk main termasuk Merylin Sopjan, miss waria Indonesia 2006 (uayuuu tenan rek… dadine minder aku) :D.
Alur cerita menceritakan adanya partai besar : Partai gajah Oling no 212 (anak 2 istri 1 simpanan 2 🙂 …. No comment). Suatu partai besar dengan dana besar yang selalu mengundang artis –artis seperti Inul Daratista saat ada pertemuan-pertemuan…….dan juga bagi-bagi amplop pada setiap acara. Partai ini sedang resah karena banyak kadernya yang korupsi dan sedang mencari-cari satu sosok yang bersih.
“Paling enak numpakmotor, paling aman numpak sepur. Paling aman dadi koruptor, nek konangan ya ndek Singapur “
Sepertinya semua penonton tahu partai apa yang sedang dibicarakan 🙂
Akhirnya ketemulah sosok Kartolo yang jujur yang tidak mau terima amplop tapi Kartolo tidak mau ikut partai walaupun diberi godaan harta, pangkat, kedudukan dan wanita. “Kartolo tetep mbalelo”
Kartolo akhirnya tetep memilih menjadi seniman yang bayarannya setiap kali habis untuk membayar utang daripada ikut partai politik.
Alur cerita dilengkapi dengan tari-tarian daerah Jawa Timur termasuk Madura. Ludruk ini didukung oleh pemain-pemain ludruk kawakan seperti cak Kartolo, Safari, Ning Tini, Nurbuat, Rohana, cak Lontong, Loedrok ITB dengan bintang tamu Inul Daratista, Mahfud MD, Pramono Anung dan disutradarai Sujiwo Tejo. Sayangnya kehadiran Mahfud MD membuat suasana jadi serius tidak seperti ludruk lagi .
Sindiran dan satire politik lebih kental kali ini sehingga ada saat-saat menjadi tidak lucu, berbeda dengan Laskar Dagelan yang membuat capek ketawa sepanjang scenenya…. Tapi, tetap ludruk mencerminkan suara yang lugas, cerdas dari rakyat bawah sekaligus jenaka.
Wuihhhh kayak aku udah jadi kritikus… tapi secara keseluruhan tetap mendukung apa kata mas Butet “menemukan keIndonesiaan kita melalui kekuatan kesenian tradisional”.
Masih tertarik yang berikutnya ? “Akar Melayu” (Seni Indonesia dari Pesisir), 26 dan 27 Juli…………Mareeee!!

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Jurnal. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s