Penyakit yang menghantui pria : kanker paru-paru


Kanker paru-paru adalah kanker yang dimulai dari paru-paru tetapi dapat juga kanker di tempat lain yang kemudian menyebar ke paru-paru. Kanker paru-paru adalah penyakit yang mematikan baik pada pria atau wanita. Kanker paru-paru adalah kanker yang menduduki urutan pertama pada pria dan penyebab kematian pertama pada pria di Indonesia. Kanker ini biasanya diderita  oleh orang diatas 45 tahun.  Penyebab utama kanker adalah merokok. Semakin banyak jumlah rokok yang dihisap setiap hari dan semakin dini memulai merokok maka semakin besar resiko kanker paru-paru. Meskipun begitu,  kanker juga dapat diderita oleh orang yang tidak pernah merokok. Perokok pasif juga orang yang mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit ini. Diperkirakan  3000 perokok pasif meninggal setiap tahunnya akibat kanker paru-paru. Faktor lain yang dapat menyebabkan kanker paru paru adalah :

1)      Tingginya polusi udara 2) Tingginya kadar arsenic pada air minum 3) Gas radon 4) asbes 5) ada riwayat keluarga menderita kanker paru-paru 6) Therapy radiasi untuk paru-paru  7) Terpajan :  uranium, beryllium, vinylchlorida, nickel chromates, produksi batubara, gas mustard, chloromethyl ether, bensin dan exhaust diesel.

Kanker dalam tahap dini tidak ada symptoms hanya dapat diketahui dengan rontgen dada. Symptoms atau tanda-tanda dari penyakit ini adalah :

1) Batuk yang terus menerus 2) Batuk darah 3) Pernafasan pendek 4) Sakit dada 5) kehilangan nafsu makan 6) berat badan menurun 7) Kelelahan

Tanda-tanda lain yang menyertai ketika sudah dalam stadium lanjut :

1)Badan lemah 2) Sulit menelan 3) Masalah pada kaki  4) Sakit pada persendian 5) Sakit pada bahu 6)Sakit pada tulang

Beberapa test yang dilakukan untuk mendeteksinya adalah : rontgen dada, test sputum, test darah, CT Scan, MRI

Dan untuk mengkonfirmasikannya lebih lanjut : Bronschopy, Biopsi pleural, CT Scan dengan biopsy, Mediastinoscopy dan biopsy, Biopsi dengan membuka paru-paru dll..

Saat ini therapy yang dapat dilakukan adalah : Chemotherapy, Radiasi dan Operasi

Semakin dini suatu kanker paru-paru terdeteksi maka semakin besar kemungkinan untuk bertahan hidup.  60% dari penderita kanker paru-paru meninggal dalam waktu satu tahun karena terlambat diketahui.

Cara pencegahan : Berhentilah merokok !!! semakin cepat semakin baik !! 🙂

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s