Mina Bissell…. Perjuangan gigih seorang peneliti wanita


Wanita ini menyelesaikan PhD di Harvard Medical School kemudian bergabung ke Lawrence Berkeley National Laboratory dan menduduki jabatan Director of All Life Science. Sepintas sebuah perjalanan yang wajar dan pasti orang bilang … ya wajarlah. Tapi apabila kemudian ditambah keterangan wanita ini berasal dari Iran, kakeknya dan ayah kakeknya adalah seorang Ayatollah.  Pasti pendapat akan berubah … Wooowwww.  Dia dibesarkan oleh ayah yang mengedepankan pendidikan dan ilmu pengetahuan, rumahnya dipenuhi oleh koleksi buku-buku yang elok.  Pada masa kecilnya dia dididik untuk selalu mengungkapkan pendapatnya dengan berani.  Dia bilang “ mungkin anda di seluruh dunia tidak tahu kalau 54% yang belajar di fakultas teknik, kedokteran dan arsitek di universitas seluruh Iran adalah wanita dan 52% di Universitas Tehran adalah wanita”. Itu mungkin sedikit menjelaskan :). Saat ini dia membawahi 20 peneliti dan postdoc di Lawrence Berkeley National Laboratory.

Dalam perjalanan penelitiannya dia mengalami jatuh bangun, tetapi dia tidak pernah menyerah. Dia selalu bilang “  If you have an original idea or you’re really making a huge jump, you should not to get funded. If you do, it means people ready largely understand it” But there has to be room for people to do long-term challenging work. Akhirnya dengan susah payah dia berhasil mendapatkan grant untuk membiayai penelitiannya. Untuk menemukan sesuatu yang baru perlu banyak sekali dana dan networking, kita tidak bisa membatasi hanya laboratorium kita. Kegigihan tercermin dari ucapannya “ If people aren’t passionate and a little nutty about science, they shouldn’t continue”

Dia sangat terpikat dengan teknologi yang dapat membantu untuk memahami mekanisme biologi yang ada dalam tubuh. Dia mengembangkan kultur sel payudara  dengan teknologi 3D dan berpendapat untuk memahami proses dan mekanisme diluar tubuh maka harus   ada lingkungan khusus seperti keadaan alaminya dan bukan hal yang lain. Penelitian ini berhasil mengungkapkan  bagaimana suatu sel payudara menjadi benar-benar sel payudara yang menjalankan fungsinya. Meskipun begitu dia selalu bilang “ We’ve discovered a lot, but there’s still so much to learn; and it’s so much fun !!!! wowwww……

From : People and Ideas JBC 185:3, 2009

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Non- Fiction. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s