Le depart part 8: Je suis Marseillaise ! … Aku orang Marseille!


Marseille, Oktober 1997.

Akhirnya keputusan datang.. aku dapat mendaftar ke Fakultas kedokteran L’Universite d’Aix Marseille II dalam program Penyakit infeksius dan pathologi tropik  . Formulir pendaftaran sudah diisi, rekomendasi dari professor penanggung jawab sudah dapat jadi tinggal aku pindah ke Marseille dan mengikuti kuliah disana. Program studi ini merupakan kerjasama 4 universitas di Montpellier, Marseille, Bordeaux dan Paris, jadi aku harus ke kota-kota tersebut untuk mengikuti modul-modul kuliah yang bersangkutan. Tempat tinggal sudah diurus oleh CROUS, jadi aku harus menuju Cite Universitaire La timone yang ada dekat Fakultas Kedokteran, itulah enaknya kalau dapat beasiswa dari pemerintah Perancis, dimana saja kemana saja tempat untuk tinggal sudah diprioritaskan dan tidak mungkin kehabisan tempat walaupun hanya di Cite Universitaire bukan appartemen.

Aku mendapat tiket kereta cepat TGV dari Toulouse ke Marseille, hanya memakan waktu 2 jam menyusuri laut Mediterania…… sungguh indah. Tetapi mendekati kota Marseille sedikit gersang karena sudah memasuki daerah pegunungan kapur. Kota Marseille adalah kota besar kedua di Perancis setelah Paris, tetapi aku dengar di daerah ini sedikit berbahaya dibanding Paris karena disini banyak imigran-imigran dari selatan yang menyeberang laut Mediterania secara gelap dan juga karena dekat Italia, Sicilia yang terkenal dengan mafiosonya, mendorong aku lebih berhati-hati tidak seperti di Toulouse. Kata teman akukalau saat orang berkenalan dan bilang “Je suis Marseillais” itu artinya “berhati-hatilah kamu dan jangan bertindak sembarangan terhadap saya atau kamu akan hancur “ wwooowww !! Untunglah teman aku dari ITB yang lain ada di kota ini, jadi aku dijemput dan diantarkan ke CROUS lalu ke cite U. Mulailah aku mencoba mengenal kota ini. Disini ada 2 jalur metro (kereta bawah tanah)   yang satu dari Bougainville ke St Marguerite Dromel yang kedua dari La Fouragere ke La Rose. Dari La Timone ke pusat kota : Vieux Port aku bisa langsung naik Line kedua ini langsung, jadi sering sekali aku ke Vieux Port, pelabuhan pusat Marseille, menyusuri jalan utama Canabiere atau duduk-duduk di tepi pantai melihat kapal-kapal yang merapat. Memang kalau diperhatikan disini banyak orang keturunan Mahgreb dari selatan dibandingkan di Toulouse. Disinipun restoran-restorant juga banyak restoran khas Mahgreb seperti kebab, pita bread,couscous, merguez… tapi itu membuat akulebih senang karena rasanya lebih berbumbu dan cocok di lidah :D. Satu lagi, disini orang-orang gila sepakbola, ada klub terkenal namanya L’Olympic de Marseille disingkat “L’OM” (dibaca : Loem). Konon disinilah Zinedine Zidane, pesebakbola terkenal dan keturunan Maghreb, dibesarkan dan memulai karirnya.  Memang benar orang-orang maghreb lebih agresif.. kadang saat jalan atau saat duduk di pantai ada yang menyapa menawari minum kopi.. tapi aku tidak berani sedikitpun menerima tawaran mereka. Disini aksen bahasa Perancisnya berbeda dan bicaranya lebih cepat…. ampuuuunnn dech… :D. Misalnya kalau “bien” dalam bahasa baku dibaca “biang” kalau disini jadi “bieng”. Selain itu, disini juga banyak toko-toko murah seperti toko yang menjual segala macam barang semua dengan harga 10 france, ini banyak membantu mahasiswa seperti aku 🙂

Fakultas Kedokteran La timone, terletak di Boulevard Jean Moulin, sesuai namanya, jalan ini dinaungi pohon-pohon besar yang rindang. Dari Cite U saya tinggal jalan kaki menyeberang jalan melewati Rumah sakit La Timone dan tibalah di kampus. Letak kampus agak sedikit di ketinggian jadi harus melewati tangga kemudian sampailah di ruang utama, disini terdapat tempat pendaftaran dan perpustakaan yang besar.  Semua pendaftaran sudah beres cuma masalah carte de sejour (ID card) yang masih mengganjal, untuk cari ID card harus punya kartu mahasiswa untuk dapat kartu mahasiswa harus punya ID card dimana ujungnya ?….pusssiinggg dech. Tapi akhirnya setelah dapat surat dari CROUS semua beres. Tinggal mengikuti kuliah. Kuliah aku ada 4 modul , materi berupa Immunologi, Bacteriologi, Virologi dan Parasitologi semua diselenggarakan  di Marseille, modul pilihan di Paris, Bordeaux dan Montpellier. Aku memilih kuliah pilihan di Paris.

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Le depart ..... keberangkatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s