Singapore… alangkah berbedanya…


Iklimnya sama… kekayaan alam mungkin kita lebih kaya tapi apa yang membuat begitu berbeda? Itulah yang saya pikirkan begitu menginjakkan Singapore. Negara paling mungil di ASEAN ini mempunyai kekuatan ekonomi yang besar. Semua perusahaan Internasional selalu ada kantor perwakilannya di Singapore, ya….bukan Indonesia negara yang paling besar atau Thailand atau Malaysia tapi Singapore!!!  Beberapa pusat penelitian di Singapore yang saya kunjungi sudah setaraf di Eropa dengan spesialisasinya masing-masing.   Kehidupan disini juga saya lihat menyerupai Eropa : fasilitas umum, transportasi, rumah dan appartemen…. Serasa berada di Eropa yang  jauh dari Indonesia padahal cuma dekat sekali dengan Indonesia dengan iklim, cuaca dan kondisi alam yang persis sama. Inggris sanggup membangun peradaban yang menyerupai Eropa di Asia. Hal itu juga saya lihat saat Afrika Selatan, rasanya seperti negara Eropa di Afrika, berbeda dengan negara-negara tetangganya. Orang-orang Eropa dan Amerika menjadi kerasan di negara ini karena fasilitas yang cukup memadai dan keamanan yang terjamin, selain itu juga mereka bisa menemukan bar, restaurant  ala Eropa dan Amerika secara mudah dimana-mana. Rakyat Singapore juga menyambut mereka dan berbaur dengan mereka dengan baik sepertinya. Menurut cerita, orang asing terutama tenaga ahli sangat disambut dengan baik di negara ini.

Belum banyak sudut yang saya ketahui yang saya tahu tentu saja National University of Singapore (NUS), Nanyang University, Orchard road (tentu saja 🙂 ). Saat saya blusukan, saya menemukan Merlion Park dengan Marina bay Sands proyeknya, disebelahnya ada Esplanade theatre dan sirkuit F1 nya. Kalau suka belanja yang murah-meriah bisa ke Mustapha di Little India tapi saya lebih suka ke China Town atau ke Lucky Plaza di Orchard Road. Makanan ada beraneka ragam dari Chinesse food, Malaysian food, Indonesian food, European food …. tinggal pilih. Meskipun makanannya mirip-mirip dengan yang di Indonesia tapi menurut saya rasanya di lidah tidak begitu pas 🙂 yaaa.. setiap negara punya modifikasi tersendiri. Tapi ada juga yang rasanya lebih saya sukai disini yaitu bakpao! :). Rasanya enak seperti bakpao yang saya makan di XIIIeme arrondisement Paris, China Townnya Paris. Mungkin bakpao yang di Indonesia sudah terlalu banyak dimodifikasi :D.

Museum dan taman-taman di Singapore juga sangat terawat, tempat seperti ini banyak dikunjungi sekedar bersantai atau olahraga seperti taman-taman di tengah kota London.  Langit dan udara Singapore jauh lebih bersih dan cerah dibandingkan dengan Jakarta yang terkesan kelabu karena polusi…. Bahkan tembok-tembok dan penyangga-penyangga jalan tol di Jakarta lebih kusam dan kelabu dibanding di Singapore yang putih bersih dan memberi kesan kota secara keseluruhan bersih. Dan kabarnya kita bisa kena denda yang cukup besar kalau buang sampah sembarangan.  Yaaa….. alangkah bedanya!!

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Perjalanan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s