Sel punca kanker (Cancer Stem Cell)


Kita sudah banyak mendengar bahwa sel punca sedang banyak dikembangkan terutama untuk regenerasi organ dan pengobatan penyakit karena disfungsi organ. Sehingga orang-orang berlomba-lomba menyimpan tali pusat dari bayi setelah melahirkan untuk digunakan di kemudian hari. Tali pusat  mengandung banyak sel punca yang diharapkan di kemudian hari dapat digunakan apabila si anak menderita penyakit.  Beberapa penyakit yang saat ini sudah menggunakan sel puncal adalah transplantasi sumsum tulang untuk mengatasi penyakit leukemia. Di kemudian hari sel punca ini diharapkan dapat mengatasi penyakit kanker, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, kerusakan otot dan lain-lain.
Berbeda dengan tujuan diatas, sel punca kanker banyak diidentifikasi akhir-akhir ini karena dianggap merupakan sel biang kanker yang akan berubah menjadi jaringan kanker. Ketidakefektifan terapi kanker saat ini diduga karena terapi yang ada hanya menargetkan pada sel kanker dan bukan pada biang sel kanker sehingga walaupun jaringan kanker sudah berhasil dibersihkan semaksimal mungkin dengan menggunakan operasi pengangkatan jaringan, radiasi maupun kemoterapi,  jaringan kanker masih saja terus bertumbuh. Hal ini disebabkan karena ada sel lain yang tidak teridentifikasi sebagai sel kanker dan menyerupai sel biasa yang bisa berubah menjadi sel kanker.
Sel yang merupakan biang sel kanker ini dapat menyebabkan kanker apabila disuntikkan pada mencit meskipun dalam jumlah yang sedikit. Sebaliknya sel kanker sendiri dapat menyebabkan kanker apabila sel yang disuntikkan berjumlah lebih dari 1 juta sel. Sel inilah yang disebut dengan sel punca kanker payudara.    Perlu eksplorasi dan penelitian lebih lanjut untuk memusnahkan sel punca kanker ini sehingga diharapkan dapat menghilangkan jaringan kanker dengan lebih efektif dan tidak ada kemungkinan untuk timbul dan berkembang lagi.

Advertisements

About anaroeni

someone that has a lot of thing in her head and need to express her ideas to be shared with other people
This entry was posted in Non- Fiction. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s